Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Mengikuti Raker PPs UNM Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2020

Dalam rangka menilai ketercapaian pelaksanaan program kerja tahun 2020, Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (PPs UNM) mengadakan Rapat Kerja Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2020. Raker berlangsung Jumat-Sabtu (27-28/11) di Hotel Delima Sari, Kota Pare-pare.

Kamis siang (21/11) dilaksanakan pembukaan di Aula AD Lantai 5 PPs. Rektor UNM Prof Dr Husain Syam,MPd,IPU yang membuka acara ini, menekankan agar semua layanan akademik terlaksana dengan baik.

“Saya berharap semua mahasiswa terlayani dengan baik, terutama proses akademik tidak menghambat penyelesaian studinya. Semoga semua mahasiswa dapat berproses dengan baik dan tepat waktu,” pesannya.

Prof Husain Syam yang belum lama ini memeroleh gelar Insinyur Profesional Utama (IPU) dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII) ini, mengingatkan agar semua dosen dan mahasiswa dapat memanfaatkan jaringan internet yang tersedia. UNM telah mencanangkan kampus digital.

Karena itu, sarana dan prasarana jaringan internet di UNM sudah dioptimalkan. Kampus UNM diharapkan bersaing dengan kampus di Jawa, dan bahkan di luar negeri.

Direktur PPs UNM Prof Dr Hamsu Abd Gani,MPd dalam pencerahan kepada peserta raker, sangat mengharapkan agar para ketua prodi dapat menelusuri mahasiswa yang terlambat penyelesaian studi dan pembayaran uang kuliah. Karena temuan Tim Inspektorat, banyak mahasiswa tidak membayar.

Prof Hamsu Abdul Gani memberi penguatan agar semua pengelola di PPs UNM dapat menjalankan tugas semaksimal mungkin. Proses akademik harus sesuai dengan Standar Operasional Pelayanan (SOP).

Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr Sulaeman Samad,MSi meminta agar mekanisme proses atau tahapan penyelesaian studi tetap mengacu pada SOP yang telah disepakati para ketua prodi. Ia menawarkan kepada para ketua prodi tentang pelaksanaan perkuliahan via daring atau luring. Pelaksanaan perkuliahan tahun 2021 semester genap disepakati agar dikombinasikan atau blended learning.

Terkait dengan evaluasi penjadwalan seminar dan ujian, Dr Sulaeman Samad terus menata sistem administrasi di loket akademik. Berbagai kendala yang terjadi ditelusuri penyebabnya, sehingga ke depan dapat teratasi.

Satu demi satu ketua prodi diberi kesempatan untuk merefleksi proses akademik. Kaprodi S2/S3 Pendidikan Matematika Prof Dr Hamzah Upu,MEd menilai kendala akademik selalu saja terjadi. ”Kita semua harus mencari solusinya,” ujarnya.

Kaprodi S2 Pendidikan Biologi Prof Dr Firdaus Daud, mengusulkan agar tahapan penjadwalan dapat ditinjau agar tidak ada lagi keluhan dari mahasiswa.

Kaprodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris Prof Drs Muhammad Basri, MEd,PhD yang telah sukses meningkatkan akreditasi unggul A, mengapresiasi kinerja pimpinan dalam pengelolaan institusi. Alumni S2 di Amerika Serikat dan S3 di Australia ini memuji kepemimpinan direktur yang sangat bijaksana, sehingga semua masalah akademik dapat dicarikan solusi cerdas.

“Begitu pula proses penjadwalan seminar dan ujian, ternyata kendalanya bukan pada wadir 1 tetapi mekanisme yang harus diatur agar tidak tumpang tindih. Jadi, apa yang dilakukan Pak Wadir 1 dan staf akademik sangat baik kerjanya,” puji Prof Basri.

Guru Besar FBS ini juga mengungkap progres kinerja pemberitaan terhadap seminar dan promosi sehingga PPs UNM akan menggema di seantero dunia melalui berita di dunia maya. Hal itu, kata Prof Basri, kegesitan Wadir 3.

Raker ini sekaligus mencanangkan beberapa program kerja tahun 2021. Di antaranya pengadaan laptop bagi semua kaprodi agar kinerja administrasi berjalan lancar terutama menghadapi blended learning.

Raker dihadiri Wadir 2 Prof Dr Baso Jabu,MHum, Wadir 3 Prof Dr Anshari,MHum, para kaprodi S2/S3, Ketua Penjaminan Mutu Dr Suardi, MPd, dan para koordinator akademik, keuangan, IT, dan staf akademik.

Wadir 3 Prof Dr Anshari,MHum mengungkapkan, pelaksanaan raker berjalan dengan baik dan lancar. Peserta mengikuti dengan seksama dan menjunjung tinggi kebersamaan. Hal ini menjadi perekat kekompakan pengelola PPs UNM. (rls)

SOURCE: https://beritakotamakassar.com/berita/2020/11/27/raker-pps-unm-evaluasi-capaian-kinerja-tahun-2020/